Puncak Peringatan Harkopnas Ke-77 Tahun 2024: "Koperasi Maju, Indonesia Emas"

Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 tahun 2024 kali ini mengusung tema “Koperasi Maju, Indonesia Emas.” Tema ini mencerminkan komitmen untuk menjadikan koperasi sebagai mitra strategis pemerintah dalam membangun ekonomi nasional yang berdaulat dan mandiri, menuju gerbang Indonesia Emas Tahun 2045. Acara yang diselenggarakan di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau ini menjadi momen penting dalam sejarah koperasi Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya menekankan pentingnya digitalisasi koperasi saat ini. Mengingat koperasi telah menghadapi modernisasi pasar, digitalisasi menjadi langkah krusial dalam menunjang usaha dan bisnis koperasi. “Koperasi harus bisa menguasai dan menggarap pangsa pasar yang terus berkembang luas dan tak terbatas. Dengan kata lain, koperasi harus berbenah dan merubah berbagai imej lama guna bertransformasi menjadi badan usaha yang modern,” ujar Airlangga. “Ini harus dilakukan agar eksistensi koperasi terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai penggerak ekonomi yang berdaulat dan mandiri guna menyongsong Indonesia emas,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin, Muhammad Nurdin Halid, berharap kepada para pengambil kebijakan, terutama presiden terpilih nantinya, untuk melahirkan kebijakan strategis melalui Keputusan Presiden (Kepres) dan undang-undang baru yang dapat mendorong kemajuan koperasi. “Koperasi sebagai ekonomi Pancasila sekaligus bentuk praktik ekonomi konstitusi di Indonesia harus bisa menumbuhkan dan mengembangkan berbagai potensi ekonomi yang ada di tengah masyarakat agar tercipta kesejahteraan bersama,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Menko Airlangga juga berkesempatan menyerahkan penghargaan Tokoh Koperasi Indonesia untuk 4 kategori, yaitu Bintang Abhinaya Jagadhita, Penggerak Koperasi Utama, Penggerak Koperasi Madya, dan Penggerak Koperasi Pratama.

Kami dengan bangga mengumumkan bahwa Ketua Pengurus Koperasi Pegawai  Pemerintah Kota Bandung (KPKB), Drs. H. Yaya Sunarya, M.Si., telah menerima penghargaan bergengsi sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya pada acara Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-77 Tahun 2024. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi dan kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh Drs. H. Yaya Sunarya, M.Si. dalam memajukan koperasi di Kota Bandung.

Selamat kepada Drs. H. Yaya Sunarya, M.Si., atas pencapaian yang membanggakan ini. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi seluruh anggota koperasi untuk terus bekerja keras dan berinovasi dalam mengembangkan koperasi sebagai pilar ekonomi yang kokoh dan berdaya saing tinggi. Mari bersama-sama kita wujudkan Koperasi Maju, Indonesia Emas!